Kinanti, . (2016) PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V(Studi Penelitian Tindakan Kelas SDN Tanah Tinggi 07Pagi Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (41kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
5. Surat Pernyataan Keaslian.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
8. Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
9. Daftar Isi.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text
12. Bab I.pdf Download (97kB) |
|
Text
13. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
14. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
|
Text
15. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahuipeningkatan keterampilan bermain alat musik pianika melalui metode jigsaw pada siswa kelas VSDN Tanah Tinggi 07 Pagi,Jakarta Pusat.Penelitian dilaksanakan pada semester dua sejak bulan Mei sampai dengan Juni 2016 dengan subjek penelitian 28 siswatahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap pada setiap siklus yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan melalui hasil proses pengamatan tindakan dan pengumpulan dokumentasi/foto yang diambil pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.Hasil penelitian menunjukan persentase nilai pengamatan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Adapun persentase peningkatan keterampilan bermain alat musik pianika pada siklus I mencapai 71,28% meningkat pada siklus II menjadi 83,04%Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilam bermain alat musik pianika pada siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi,Jakarta Pusat dapat ditingkatkan melalui metode jigsaw.Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode jigsaw merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilanbermain alat musik pianika pada siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi,Jakarta Pusat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Satrio, M.Pd, ; 2). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 14:54 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 14:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7854 |
Actions (login required)
View Item |