AGUNG SYAHRIAL NUGROHO, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS IV SDLB (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Flora Indonesia Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK_AGUNG-SYAHRIAL-NUGROHO_1335125428.pdf Download (91kB) |
|
Text
SKRIPSI_AGUNG-SYAHRIAL-NUGROHO_1335125428.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian bilangan 7-9 melalui metode jarimatika pada peserta didik tunarungu kelas IV di SLB Flora Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan selama satu semester pada bulan Juli sampai Desember 2015. Subjek penelitian ini adalah lima peserta didik tunarungu kelas IV di SLB Flora Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan selama dua siklus. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes tertulis, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan berdasarkan presentase nilai rata-rata seluruh peserta didik sebelum diberikan tindakan sebesar 36%, kemudian meningkat menjadi 54% pada siklus I, dan 96% pada siklus II. Hasil penelitian ini sudah melampaui target yang diharapkan peneliti sebesar 60%. Kesimpulannya, penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian bilangan 7-9 pada peserta didik tunarungu kelas IV di SLB Flora Indonesia Jakarta Selatan. Guru diharapkan dapat menggunakan metode jarimatika untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika pada pembahasan berikutnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd ; 2). Dra. Irah Kasirah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 16:00 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 16:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/786 |
Actions (login required)
View Item |