PENGARUH PERMAINAN TEKA-TEKI KATATERHADAPKEMAMPUAN MEMBACAPERMULAANANAK USIA 5-6 TAHUN (Study Eksperimendi PAUD Tunas Kecapi Kota Bekasi )

LIA ISKANDAR, . (2016) PENGARUH PERMAINAN TEKA-TEKI KATATERHADAPKEMAMPUAN MEMBACAPERMULAANANAK USIA 5-6 TAHUN (Study Eksperimendi PAUD Tunas Kecapi Kota Bekasi ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK & PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI DLL SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh permainan teka-teki kata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan desain Randomized Control GroupPre test –Post Test. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas B (usia 5-6 tahun) di PAUD Tunas Kecapi Jatiwarna, Kota Bekasi dengan jumlah sampel 15 anak di kelas B1 sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak di kelas B2 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random cluster sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi pengamatan pada saat kegiatan dengan pemberian perlakuan berupa permainan teka-teki kata dan instrumen yang sesuai dengan karakteristik perkembangan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun sebelum (pre test) dan sesudah perlakuan diberikan (post test). Hasil tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian post test kelompok eksperimen dan post test kelompok kontrol dengan menggunakan uji-t bahwa diketahui hasil dari thitung70,03dan ttabel1,679. Hal ini menunjukan bahwa thitung> ttabelberarti terdapatpengaruh positif yang signifikan dari permainan teka-teki kata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Oleh karena permainan seperti permainan teka-teki kata ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, menarik dan bermakna bagi pembelajaran kemampuan membaca permulaan anak khususnya usia 5-6 tahun, dan diharapkan guru dapat merencanakan pembelajaran tersebut sehingga kemampuan membaca permulaananakdapat menjadi lebih baik dan optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Dwi Utami, S.Pd, M.Pd ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2020 17:09
Last Modified: 19 Jun 2020 17:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7861

Actions (login required)

View Item View Item