LILIS SURYANI, . (2016) PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA KELAS AWAL(Penelitian Kualitatif di SDIT Al-Iman Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI LILIS SURYANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran perpustakaan sekolah bagi siswa kelas awal di SDIT Al Iman Jakarta timur. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kualitatif.Prosedurpengumpulan data dilakukan dengan cara catatan time sampling. alat perekam suara untuk merekam wawancara dengan kepala sekolah, tenaga pengelola perpustakaan sekolah, koordinator kesiswaan, guru, siswa, dan orang tua subjek dan alat dokumentasi berupa kamera untuk merekam perilaku subjek yang muncul. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Hubberman melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian peran perpustakaan sekolah bagi siswa kelas awal di SDIT AlIman Jakarta Timur, yaitu : Peran perpustakaan sekolah SDIT Al Iman dimanfaatkan oleh siswa dalam menumbuhkan minat baca, banyak siswa yang aktif dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah, siswa dapat belajar mandiri, banyak juga siswa yang membaca buku dan meminjam buku yang disediakan oleh tenaga pengelola perpustakaan dalam pelayanan perpustakaan, ada juga yang belajar di perpustakaan dengan cara berdiskusi. Siswa berkunjung ke perpustakaan ketika ada tujuan seperti mengerjakan tugas dariguru. Siswa memiliki minat tinggi ke perpustakaan pada saat jam-jam istirahat atau dimana siswa memiliki waktu luang.Perpustakaan sekolah SDIT Al Iman merupakan wadah yang digunakan penggunanya untuk memenuhi kebutahan informasi dan pengetahuan yang siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Azizah Muis, S.Pd, M,Pd ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 17:19 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 17:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7862 |
Actions (login required)
View Item |