PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANNYA UNTUK KELAS IV SD

LINDA DIAN PERMANA, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANNYA UNTUK KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV, V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan mengahasilkan modul IPA berbasis pendekatan saintifik materi energi dan penggunaannya untuk kelas IV sekolah dasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi modul dengan menggunakan angket dan wawancara dengan ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pegadungan 12 Pagi Jakarta Barat sebanyak 13 orang dan siswa SDN Pegadungan 11 Pagi Jakarta Barat sebanyak 40 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan oleh Atwi Suparman. Adapun teknik evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif. Proses evaluasi ini dilaksanakan melalui evaluasi satu-satu oleh pesertas didik, evaluasi kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Hasil penilaian akhir yang diperoleh melalui evaluasi formatif adalah 95,1%. Adapun hasil penilaian oleh ahli materi adalah 91,2%, ahli bahasa 100%, dan ahli media sebesar 99,5%. Oleh karena persentase yang diperoleh melebihi batas skor kriterium 75%, maka penilaian uji kelayakan buku dikatakan valid atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA berbasis pendekatan saintifik dapat dijadikan buku panduan dalam kegiatan pembelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A. R. Supriatna, M.Pd ; 2). Dr.M.S. Sumantri. M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Jun 2020 17:35
Last Modified: 19 Jun 2020 17:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7863

Actions (login required)

View Item View Item