MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIANIKA SISWA KELAS V(Studi Penelitian Tindakan Kelas SDN Tanah Tinggi 07Pagi Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat)

Megawati Tri Febriyani, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIANIKA SISWA KELAS V(Studi Penelitian Tindakan Kelas SDN Tanah Tinggi 07Pagi Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak fix.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I ega diana fix.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II sidang fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
bab III sidang fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
Bab V bismillah fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Bab IV bismillah FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Isi fix wisuda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
FIX Lembar persetujuan skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Panitia Skripsi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Balok dengan Media Pembelajaran Pianika Pada Siswa Kelas V SD. SkripsiJakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuimeningkatkan kemampuan membaca notasi balok dengan media pembelajaran pianikapada siswa kelas VSDN Tanah Tinggi 07 Pagi Jakarta Pusat.Subjek penelitian adalah siswa kelas V pada semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 28orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukan persentase nilai pengamatan tindakan guru pada siklus I mencapai 70% dan meningkat pada siklus II menjadi85%. Adapun persentasemeningkatkan kemampuan membaca notasi balok dengan media pembelajaran pianika pada siklus I mencapai 65,48% meningkat pada siklus II menjadi 84,29%Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan membaca notasi balok pada siswa kelas VSDN Tanah Tinggi 07 Pagi Jakarta Pusat dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran pianika. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaanmedia pembelajaran pianikamerupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkankemampuan membaca notasi baloksiswa kelas V SDN Tanah Tinggi 07 Pagi Jakarta Pusat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Satrio, M. Pd ; 2). Dra. Sri Kawuryan, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jun 2020 17:20
Last Modified: 22 Jun 2020 17:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item