PEMBELAJARAN BINA DIRI DALAM KETERAMPILAN MERIAS DIRI PADA ANAK DENGAN AUTISM KELAS 5 DI SDLB KASIH BUNDA TAMBORA JAKARTA BARAT

Michelle Kartika SW, . (2016) PEMBELAJARAN BINA DIRI DALAM KETERAMPILAN MERIAS DIRI PADA ANAK DENGAN AUTISM KELAS 5 DI SDLB KASIH BUNDA TAMBORA JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pembelajaran bina diri peserta didik autism sehingga menjadikan peserta didik hidup mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah hasil observasi dan wawancaraguru, kepala sekolah, dan peserta didik serta pemeriksaan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran bina diri merias diri pada anak autism kelas 5, guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran dan silabusnya, hanya tidak sesuai dengan proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan praktek. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan penjelasan dan praktek langsung. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran bina diri merias diri pada anak dengan autism kelas 5 di SDLB Kasih Bunda, guru membuat perencanaan pembelajaran walau tidak sesuai dan juga tidak menggunakan buku ajar, namun tidak berdampak pada kesiapan pelaksanaan pembelajaran siswa autism sehingga tetap dapat merawat diri dengan mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Irah Kasirah, M. Pd. ; 2). Dr. Indina Tarjiah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Jun 2020 13:07
Last Modified: 23 Jun 2020 13:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7886

Actions (login required)

View Item View Item