SURVEY KARAKTERISTIK LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN, PEMBERDAYAAN INSTRUKTUR KURSUS & DIMENSI PEMBELAJARAN ORGANISASI PADA RUMPUN KURSUS AKUNTANSI DI DKI JAKARTA

NADIN NADIA, . (2016) SURVEY KARAKTERISTIK LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN, PEMBERDAYAAN INSTRUKTUR KURSUS & DIMENSI PEMBELAJARAN ORGANISASI PADA RUMPUN KURSUS AKUNTANSI DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi empiris tentang karakteristik Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang mengacu pada 6 Standar Nasional Pendidikan, Pemberdayaan instuktur dan Dimensi Pembelajaran Organisasi pada rumpun kursus Akuntansi di DKI Jakarta. Jenis Penelitian ini adalah penelitian survei yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari 3 lembaga dengan variabel Karakteristik LKP memiliki hasil yang beragam pada setiap dimensi yang diisi oleh setiap responden, pada SKL semua responden telah sesuai dengan peraturan pemerintah, pada Standar Isi 3 instruktur telah sesuai dengan peraturan pemerintah, pada Standar Proses semua responden telah sesuai, pada Standar Pendidik yang sesuai sebanyak 2 instruktur, pada Standar Sarana dan Prasarana yang sesuai sebanyak 2 LKP, pada Standar Penilaian semua responden telah sesuai dengan peraturan pemerintah. Variabel Pemberdayaan Instruktur Kursus dapat dilihat bahwa semua responden telah melakukan pemberdayaan yang baik pada lembaganya karena telah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Short and Greer tentang pemberdayaan guru/pendidik/instruktur. Variabel Dimensi Pembelajaran Organisasi adalah hanya terdapat 2 lembaga yang telah melakukan pembelajaran organisasi yang baik karena telah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Watkins dan Marsick dalam pembelajaran organisasi, sedangkan 1 lembaga tidak melakukan pembelajaran organisasi karena tidak ada organisasi yang berjalan pada lembaganya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 2 lembaga yang sesuai dengan SNP serta melakukan pembelajaran organisasi dan 1 lembaga tidaksesuai dan semua responden telah melakukan pemberdayaan instruktur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono W. M.Si ; 2). Dr. Karnadi, M.Si,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 25 Jun 2020 14:52
Last Modified: 25 Jun 2020 14:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item