Nella Farah Dhiena Mukhshy, . (2016) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD DI KELURAHAN KEMBANGAN UTARA KECAMATAN KEMBANGAN JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 JUDUL NELLA .pdf Download (21kB) |
|
Image
2 L PENGESAHAN NELLA.JPG Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
|
Text
3 ABSTRAK NELLA.pdf Download (88kB) |
|
Image
4 SURAT KEASLIAN SKRIPSI NELLA.JPG Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR NELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI NELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
8 BAB I NELLA.pdf Download (211kB) |
|
Text
9 BAB II NELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
10 BAB III NELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
11 BAB IV NELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
12 BAB V NELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA NELLA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembangan Utara 10 Pagi, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah 58 siswa kelas V SDN Kembangan Utara 10 Pagi, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik Two stage cluster sampling.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument post test kemampuan berpikir kreatif. Instrumen tersebut kemudian diuji normalitas dengan uji Lillieforsdan uji homogenitas dengan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil yang diperoleh dariuji hipotesispada teskemampuan berpikir kreatif adalah t-hitung > t-tabel yaitu 11,211 > 2,0032, makatolak H0dan terima Ha, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan metode Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa agar guru dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr.Yurniwati, M.Pd ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 15:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 15:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7904 |
Actions (login required)
View Item |