MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)PADA SISWA KELAS IVSDN BARU03PAGI PASAR REBO JAKARTA TIMUR

NUR AENAHAR, . (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)PADA SISWA KELAS IVSDN BARU03PAGI PASAR REBO JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
2. ABSTRAK, SURAT KEASLIAN SKRIPSI, MOTTO PERSEMBAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, TABEL, GRAFIK,.pdf

Download (423kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini adalah bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science(CLIS)tentang perubahan kenampakan bumi dan benda langit pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian i ni adalah siswa kelas IVA SDN Baru 03 Pagi Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur sebanyak 33orang. Model yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan desai n tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan Mc Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan i nstrumen non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science(CLIS)dapat dijadikan salah satu model pembelajaranuntuk meni ngkatakan moti vasi belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan data motivasi belajar pada siklus I, siswa yang masuk kategori motivasi belajar IPA sangat tinggi sebesar 72,7%. Persentase ini meningkatpada siklus II yaitu menjadi 87,9%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru pada siklus I adalah 85% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pemantau tindakan siswa pada siklus I adalah 75% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Implikasi dari hasil penelitian i ni adalah bahwa proses pembelajaran melalui model pembelajaran Children Learning In Science(CLIS)dapat meni ngkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Baru 03 Pagi Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si ; 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M. Ed
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Jun 2020 15:07
Last Modified: 26 Jun 2020 15:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item View Item