Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Ekposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Slawi

DIAN WIDYAWATI., . (2012) Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Ekposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Slawi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DIAN WIDYAWATI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Slawi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Slawi pada bulan April 2012. Metode penelitian ini menggunakan metode Randomized Pretset-Posttest Control Group Design, dengan jumlah sampel 60 orang siswa. Sampel penelitian dipilih secara acak, sehingga terambil kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan X.1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis eksposisi pada kelas eksperimen sebesar 57,5. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis eksposisi pada kelas kontrol, yaitu sebesar 47,83. Uji persyaratan data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors) diperoleh Lhitung = 0,1578 pada kelas eksperimen dan Ltabel pada taraf signifikasi α = 0.05 adalah 0,161. Berdasarkan hasil perhitungan Lhitung < Ltabel yaitu 0,1578 < 0,161 maka data dikatakan normal. Pada kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,1310 dan Ltabel pada taraf signifikasi α = 0.05 adalah 0,161. Melihat hasil penghitungan tersebut Lhitung < Ltabel yaitu 0,1310 < 0,161, maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji Bartlett) diperoleh X2 hitung sebesar 0,78 dan X2 tabel pada taraf signifikasi α = 0.05 adalah 42,557. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa X2 hitung < X2 tabel, 0,78 < 42,557, maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung sebesar 2,63, sedangkan t tabel pada taraf signifikasi α = 0.05 adalah 1,67. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, maka hitung > t tabel, hal ini berarti (H1) diterima. Dengan demikian, melalui hasil perhitungan media video animasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Slawi. Mengacu pada hasil analisis data yang terurai di atas, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai media pembelajaran video animasi. Penelitian ini juga dapat berimplikasi terhadap pembelajaran lainnya, tidak hanya terbatas pada menulis eksposisi namun dapat diterapkan juga pada kompetensi dasar lain seperti menulis argumentatif. Apabila guru dan peneliti lain ingin melanjutkan atau menggunakan media video animasi ini diharapkan memperhatikan kondisi belajar dan masalah yang menjadi tema dalam tulisan yaitu permasalahan yang sedang hangat untuk diperbincangkan agar siswa lebih peka terhadap permasalahan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Asep Supriyana, S.S. 2.) Dra. Fathiaty Murtadho, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 30 Oct 2019 09:29
Last Modified: 30 Oct 2019 09:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item