RIEFDA KAMILA NOVIANTI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN MONOPOLITIGA DIMENSI PADA ANAK KELOMPOK BUSIA 5-6 TAHUN(Penelitian Tindakan Kelas di KB IKHBAH, Jl.Mampang XIII Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Riefda Kamila Novianti.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep aljabar anak kelompok B usia 5-6 tahun di KB Ikhbah, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan melalui kegiatan bermain monopoli tiga dimensi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei –Juni2016.Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (Planning),tindakan (Acting), pengamatan (Observing),dan refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B KB Ikhbah, Jakarta Selatan yang pemahaman konsep aljabarnya masih rendah dengan jumlah anak 13 anak.Persentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada praintervensididapat persentase sebesar 48%. Setelah diberikan tindakan, persentase meningkat mencapai 67%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 89%. Hal ini berarti dari praintervensi sampai siklus II memiliki kenaikan sebesar 22%. Berdasarkan hasil presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa melalui kegiatan bermain monopoli tiga dimensi dapat meningkatkan pemahaman konsep aljabar anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ade Dwi Utami, S.Pd, M.Pd ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 19:23 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 19:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7950 |
Actions (login required)
View Item |