MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SDN CIPINANG MELAYU 05 PAGI JAKARTA TIMUR

RIFQI AZMI, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SDN CIPINANG MELAYU 05 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER SKRIPSI-1.pdf

Download (40kB)
[img] Text
02. abstrak indonesia.pdf

Download (121kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
03. Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
05. kata pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
07. Bab I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
08. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
12. Daftar pustaka.pdf

Download (91kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model cooperative learningtipestudent team achievement division(STAD) Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2016 di SDN Cipinang Melayu 05 Pagikhususnya di kelas V yang berjumlah 39 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan metode penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc.Taggart. Adapun teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan data proses dan data hasil. Data proses berupa hasil pengamatan aktivitas guru. Adapun untuk data hasil berupa skor/nilai tes hasil belajar siswa yang dikerjakan disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 27 siswa dengan prosentase sebesar 69,23%. Hasil tersebut belum mencapai target yaitu 80% siswa memperoleh hasil ≥70. Pada siklus II, hasil belajar IPSterjadi peningkatan sebanyak 32 siswa yang mendapat nilai ≥70 dengan prosentase sebesar 82,05%. Hasil tersebut sudah mencapai target minimal 80%. Data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan model cooperative learning tipe student team achievement division dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dewi Hartanti, M.A ; 2). Drs.Satrio, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2020 19:34
Last Modified: 29 Jun 2020 19:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7951

Actions (login required)

View Item View Item