PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD DALAM PEMBELAJARAN IPADI KELURAHAN ANGKE JAKARTA BARAT

Rofiqoh Khasanah, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD DALAM PEMBELAJARAN IPADI KELURAHAN ANGKE JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis siswakelas IV SDdalam pembelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Angke 01 Pagi Jakarta Barat sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simplerandom sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes uraian yang disesuaikan dengan karakteristik soal berpikir kritis dan telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Pengujian persyaratananalisis data terdiri dari uji normalitas dengan uji lilifors dan uji homogenitas dengan uji barlett. Hasil pengujian kedua data tersebut menunjukkan data normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t, dan berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan thitung= 6,68 dan ttabel = 1,673 pada taraf signifikan 5% (α=0,05) dan derajat kebebasan (dk) = 58 yang berarti thitung > ttabel (6,68>1,673), maka H0 ditolak dan H1diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dapat dijadikan salah satu upaya untuk mengembangkankemampuan berpikir kritis siswakelas IV SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Jun 2020 16:41
Last Modified: 30 Jun 2020 16:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item