PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASIKELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATISSISWAKELAS VSDKELURAHAN CIRIUNGKABUPATEN BOGOR

RUNIYANTI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASIKELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATISSISWAKELAS VSDKELURAHAN CIRIUNGKABUPATEN BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe investigasi kelompok terhadap pemahaman matematis siswakelas V SD. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ciriung 04, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ciriung 04 sebanyak 77 orang pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest control group desaign. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian pemahaman matematis. Selanjutnya dihitung normalitas data menggunakan Liliefors dan Homogenitas kelas menggunakan Bartlett. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil penghitungan uji-t diperoleh harga thitung sebesar 4,02. Harga ttabelpada taraf signifikansi α=0,05 dan dk=75 adalah 1,66. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (4,02 > 1,66), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman matematis siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Jun 2020 17:11
Last Modified: 30 Jun 2020 17:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7965

Actions (login required)

View Item View Item