Sabila Nur Masturah, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERNYANYI(Penelitian Tindakan Kelompok A di TK Bilingual Rumah Pelangi Pondok BambuJakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Sabila Nur Masturah.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrispada anak usia 4-5tahun di TK Bilingual Rumah Pelangi, Jakarta Timur melalui kegiatan bernyanyi.Subjek pada penelitian ini adalah 7 anak yang berusia 4-5 tahun Kelompok A di TK Bilingual Rumah PelangiPenelitianini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok A TK Bilingual Rumah Pelangi, Jakarta Timur yang kemampuan Bahasa Inggrismasih rendah dengan jumlah sebanyak 7anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada praintervensi di dapat presentasesebesar 42,1%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 61,87%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkatmenjadi 80,41%. Berdasarkan keberhasilan presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan Bahasa Inggrisanak usia dini dapat meningkat dengan membangun motivasi, pemberian apersepsi, dan pemberian kesempatan untuk berbicara
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 17:31 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 17:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7966 |
Actions (login required)
View Item |