MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KETERAMPILAN MEMBUAT KOLASE PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII DI SLB C ASIH BUDI II JAKARTA(Penelitian Tindakan Kelas di SLB C ASIH BUDI II JAKARTA)

SAHANAYA RISKA AZHARI, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KETERAMPILAN MEMBUAT KOLASE PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII DI SLB C ASIH BUDI II JAKARTA(Penelitian Tindakan Kelas di SLB C ASIH BUDI II JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
00 Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
01. COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
05. ABSTRACT.pdf

Download (66kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
08. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatankemampuan motorik halus yang di latih melalui kegiatan keterampilan membuat kolase bagi peserta didiktunagrahita sedang kelas VII di SLB C Asih Budi II Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik berkebutuhan khusus tunagrahita sedang kelas VII di SLB C Asih Budi II Jakarta sebanyak 5 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada minggu awal bulan Januarihingga minggu awal bulan April bertempat di SLB C Asih BudiII Jakarta. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus dimana dalam siklus I terdiri dari 7 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 5 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum melakukan tes awal atau tes kemampuan pra-siklus diadakan terlebih dahulu melakukan kegiatan assesmen dalam kemampuan motorik halus peserta didik. Kegiatan ini digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian atau bahan perbandingan sebelum dilakukan tindakan dan setetelah tindakan dengan kriteria nilai ketuntasan 60 dari semuaaspek yang harus dikuasai oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai kemampuan awal motorik peserta didikmelalui kegiatan keterampilanmembuat kolase. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan keterampilan membuat kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didiktunagrahita di SLB C Asih Budi II Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini Purnamawati. M.Sp.Ed ; 2). Dra. Tri Sediyani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Jun 2020 17:45
Last Modified: 30 Jun 2020 17:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item View Item