PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM TERHADAP HASIL BELAJARIPSSISWA KELAS V SD KELURAHAN CIPINANG CEMPEDAK JAKARTA TIMUR

SARI AMALIA, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM TERHADAP HASIL BELAJARIPSSISWA KELAS V SD KELURAHAN CIPINANG CEMPEDAK JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover skripsi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. Surat Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5. surat keaslian karya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpenggunaan media film terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cipinang Cempedak 02 Pagi Jakarta Timur dengan sampel siswa kelas V. Desain penelitian ini menggunakan post test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes 25 soal pilihan ganda, perhitungan normalitas yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh hasil kedua data normal, pada kelas eksperimendiperoleh Lhitung <Ltabel (0,109 <0,161) dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung <Ltabel (0,148 <0,161). Selanjtunya dilakukan pengujian homogenitas data menggunakan uji F dan hasilnya kedua data juga homogen yaitu Fhitung<Ftabelatau 1,399 <1,85. Adapun untuk pengujian hipotesis mengunakan uji-t diperoleh thitung>ttabel atau (2,996 >1,701) artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media film berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS kelas V SD. Media film dapat dijadikan salah satu upaya dalam membantu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD. Oleh sebab itu guru perlu memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memilih media film yang sesuai dengan konten pelajaran yang tidak hanya menarik bagi siswa namun berisi konten yang mampu membantu mempermudahkan siswa mengerti materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Jun 2020 18:24
Last Modified: 30 Jun 2020 18:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item