SHITA FITRIANA, . (2016) KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 7-8 TAHUN YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN DWIBAHASA (BILINGUAL)(Studi Kualitatif di Nabawi Islamic School, Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keterampilan berbahasa Indonesia anak usia 7-8 tahun yang memperoleh pembelajaran dwibahasa (bilingual). penelitian ini dilakukan di Nabawi Islamic School yang terletak di kecamatan Rawamangun, Jakarta Timur pada bulan Mei-Juni 2016. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data berupa catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Temuan hasil penelitian, menunjukan bahwa keterampilan berbahasa Indonesia anak usia 7-8 tahun yaitu dalam keterampilan berbicara anak menggunakan dua bahasa dalam satu kalimat atau biasa disebut dengan alih kode dan aksen anak yang mengikuti orang Inggris. Dalam hal keterampilan menyimak, anak cenderung dapat menceritakan kembali sebuah cerita yang dibacakan oleh guru. Keterampilan menulis, anak cemderung mampu menulis dalam Bahasa Indonesia dikarenakan pengucapan dan penulisannya sama. Keterampilan membaca, anak membaca sebuah buku cerita dan ada beberapa kosakata yang maknanya belum dimengerti anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ade Dwi Utami, M.Pd ; 2). Dr. Nurjannah, SP, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik > Bilingual |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 14:15 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 14:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7985 |
Actions (login required)
View Item |