KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KIDAL(Studi Kasus pada Anak Kidal Usia 6-7 Tahun di Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur)

SILVIA MAULINA, . (2016) KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KIDAL(Studi Kasus pada Anak Kidal Usia 6-7 Tahun di Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilanmotorik halus pada anak kidal usia 6-7 tahun meliputi kemampuan koordinasi mata-tangan,kelenturan jari-jari tangan, kekuatan tangan, kemampuan adaptasi penggunaan tangan, dantahapan imitasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelurahan Malaka Jaya, kecamatan DurenSawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta pada bulan Mei-Juli 2016. Metode yang digunakan adalahpenelitian Kualitatif pendekatan studi kasus. Alat pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisisis data yang digunakan adalah Miles dan Hubermanyaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Temuan hasil penelitian menunjukkanbahwa anak kidal memiliki koordinasi mata-tangan yang baik, yaitu koordinasi antara matadengan tangan kiri dan tangan kanannya. Anak kidal juga memiliki kelenturan jari-jari tanganyang baik, terutama pada saat menggunakan benda-benda yang diciptakan untuk kemudahanpengguna tangan kanan, seperti gunting. Anak kidal memiliki kekuatan tangan kiri yang lebihbesar dari tangan kanannya. Anak kidal juga memiliki kemampuan adaptasi yang baikterhadap kegiatan yang secara etika menuntut penggunaan tangan kanan dan padapenggunaan benda-benda yang di buat untuk kemudahan pengguna tangan kanan. Padatahapan imitasi anak kidal tetap mempertahankan kekidalannya dalam mengimitasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan model dengan dominasi tangan kanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Wulan M.Si., ; 2). Dr. Hapidin M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 01 Jul 2020 14:45
Last Modified: 01 Jul 2020 14:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7986

Actions (login required)

View Item View Item