PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)

HENI PURWANTI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL). Magister thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER DAN SURAT-SURAT.pdf

Download (520kB)
[img] Text
2. MOTTO, ABSTRAK, DAN LAIN-LAIN..pdf

Download (418kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
5. LAMPIRAN dan RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan produk multimedia pembelajaran interaktif dengan siswa yang tidak menggunakan pruduk multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini mengadaptasi dari model pengembangan borg and gall dengan langkah-langkah sebagai berikut: Penelitian pendahuluan, pengumpulan data, perencanaan, pengembangan, validasi ahli dan revisi, ujicoba kelompok kecil dan revisi, ujicoba kelompok besar, revisi produk akhir. Hasil penilaian para ahli menunjukan hasil sebagai berikut: (1) Penilaian ahli materi dan bahasa memiliki nilai rata-rata total validasi 3,41 yang berarti valid dan interprestasi koefisien Cohen’s Kappa sebesar 0,68 yang berarti kualifikasi reliabelitasnya adalah tinggi. (2) Penilaian ahli media memiliki nilai rata-rata total validasi 3,47 yang berarti valid dan interprestasi koefisien Cohen’s Kappa sebesar 0,65 yang berarti kualifikasi reliabelitasnya adalah tinggi. Selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil dilanjuti dengan revisi dan ujicoba kelompok besar dilanjuti dengan revisi produk akhir. Kemudian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika, penelitian ini dilakukan dengan membandingkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berdistribusi normal dan homogen dengan menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil uji uji Independent Sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05 sehingga sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample t-test bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata tes hasil belajar matematika siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Contextual Teaching Learning (CTL).

Item Type: Thesis (Magister)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 3272 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2020 14:10
Last Modified: 07 Jul 2020 14:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8015

Actions (login required)

View Item View Item