PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) PADA MATERI GAYA UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS IV

TRIANI SITI KHOEROTUL JANNAH, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) PADA MATERI GAYA UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS IV. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Other
LEMBAR PENGESAHAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul IPA berbasis pendekatan problem based learning(PBL) materi gaya untuk Sekolah Dasar kelas IV. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Teknik evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif. Evaluasi ini dilaksanakan melalui tiga tahap uji coba, yaitu uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan uji coba pelaksanaan lapangan. Hasil penelitian modul IPA berbasis pendekatan Problem Based Learning(PBL) yang telah dikembangkan menurut ahli materi, ahli bahasa,dan ahli media adalah sangat baik dengan presentase masing-masing sebesar 96,5%, 96%, dan 78%. Respon peserta didik pada uji coba lapangan dan uji coba pelaksanaan lapangan adalah sangat baik dengan presentase masing-masing 93% dan 98%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul IPA berbasis pendekatan Problem based Learning(PBL) materi gaya untuk kelas IV SD yang telah dikembangakan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar penunjang dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Dr. Muhammad Syarif Sumantri, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2020 13:00
Last Modified: 06 Jul 2020 13:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8025

Actions (login required)

View Item View Item