AKTIVITAS SEKOLAH ALAM TUNAS MULIA DALAM MEMPERBAIKI MORALITAS ANAK PEMULUNG(Studi di Sekolah Alam Tunas Mulia,Bantar Gebang-Kota Bekasi)

ACHMAD IRFAN, . (2016) AKTIVITAS SEKOLAH ALAM TUNAS MULIA DALAM MEMPERBAIKI MORALITAS ANAK PEMULUNG(Studi di Sekolah Alam Tunas Mulia,Bantar Gebang-Kota Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi mengenai aktivitas Sekolah Alam Tunas Muliadalam memperbaiki moralitas anak pemulung yang terletak diJalan Pangkalan No. 2, RT. 02, RW.04, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, kode pos 17153. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Key informandalam penelitian ini adalah 2 orang pendiri Sekolah Alam Tunas Mulia, Kepala SekolahAlam Tunas Mulia dan 3 orang GuruSekolah Alam Tunas Mulia. Sedangkan informandalam penelitian ini adalah 6orang siswa/siswi di Sekolah Alamp Tunas Mulia. Danexpert opiniondalam penelitian ini adalah Prof. Dr. Udin S. Winataputra, M.A. Sedangkan teknik kalibrasi keabsahan data melalui uji credibility(validitas internal), pengujian transferability (validitas eksternal), pengujian dependability(reabilitas) dan pengujian confirmability(objektivitas). Dan teknik analisisdatayang digunakan adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas Sekolah Alam Tunas Mulia dalam memperbaiki moralitas anak pemulung adalah melalui aktivitas kegiatan belajar mengajar, aktivitas keagamaan, aktivitas seminar motivasi, aktivitas pelatihan keterampilan, aktivitas kewirausahaan, aktivitas bakti sosial, aktivitas outbond, aktivitas berkebun dan bertani, aktivitas beternak, dan aktivitas kompetisi.Melalui berbagai aktivitas tersebut di dalamnya ditanamkan unsur-unsur kecerdasan moral yang merupakan landasan utama dalam memperbaiki moralitas anak pemulung tersebut. Unsur kecerdasan moral tersebut antara lain, empati, hati nurani, control diri, rasa hormat, kebaikan hati, toleransi, dan keadilan, yang kemudian dikelompokkan ke dalam tiga kelompok perkembangan moral, diantaranya konsep moral (moral knowing), sikap moral (moral feeling), dan perilaku moral (moral behavior).Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah dari berbagai aktivitas yang dilakukan Sekolah Alam Tunas Mulia kepada anak-anak pemulung merupakan awal dari penanaman kecerdasan moral anak. Dengan penanaman kecerdasan moral tersebut dapat memperbaiki moralitas anak pemulung.Model pengembangan sekolah alam yang dibuat khusus anak pemulung tersebut selain memberikan ilmu pengetahuan seperti pada sekolah formal umumnya, juga memberikan life skillpada anak pemulung tersebut. Serta memperbaiki moralitas anak pemulung melalui berbagai aktivitas di dalamnya. Sekolah Alam Tunas Mulia sangat bermanfaat dan berdampak besar bagi kehidupan dan masa depan anak pemulung. Dengan adanya Sekolah Alam Tunas Mulia mereka dapat merasakan pendidikan, mendapatkan life skill, memiliki moralitas yang baik, serta dapat memperbaiki kehidupan perekonomian mereka ke depannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Agus Martono, M.Sc ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Jul 2020 18:24
Last Modified: 07 Jul 2020 18:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8058

Actions (login required)

View Item View Item