Adam Darmawan, . (2016) PENERAPAN SISTEM POIN PELANGGARAN SEBAGAI BENTUK HUKUMAN SISWA DI SEKOLAH(Studi Kasus di Sekolah SMP Negeri 192 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVERR.pdf Download (115kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (349kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan sistem poin pelanggaran yang terjadi di SMP Negeri 192 Jakarta.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan sistem poin pelanggaran yang di sekolah, selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui berbagai dampak yang diberikan dari adanya penerapan sistem poin di sekolah bagi siswanya.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatifdengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri192 Jakarta, yang berlokasi di Jalan Kramat IV No. 100 Cipayung, Jakarta Timur. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Subjek penelitian antara lain Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yangberjumlah 2 informan, serta 4 informan siswa terkait yang terkena dampaknya dijadikan sebagai informan kunci. Selain itu terdapat pula informan tambahan terdiri dari 2 pihak guru, 1 wali kelas serta 1 wali murid sebagai bahan triangulasi data.Berdasarkanhasil penelitian diperoleh bahwa sistempoinpelanggaran yang diterapkan SMP Negeri 192 dimulaipadaawaltahunajaran 2002/2003. Pelaksanaanpoinpelanggarantersebutdilakukanmelaluitigatahapanperingatan, peringatanpertamaketikasiswamencapaipoin 30 makasiswaakanmendapatpemanggilan orang tua, tahapkeduaketikasiswamencapaipoin 60 siswaakanmendapatperingatankedua, serta tahapketigaterdapatpadapoin 90 makasiswaakanmendapatperingatanterakhir. Menurut perspektif kontrol,sistem poin pelanggaran adalah kontrol sosial eksternal yang dapat dijadikan siswa untuk berperilaku taat tata tertib. Terdapat berbagai dampak yang diterima siswa darisistem poin pelanggaran yang ada, hal ini sesuain dengan respon yang diberikan siswa. Ketikasiswa merespon dengan baik sistem poin memiliki dampak positif terhadap dirinya, sebaliknya siswa yang merespon dengan cara melanggar akan lebih mendapatkan dampak negatif akan dirinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dewi Sartika, M.Si ; 2). Syaifudin, M. Kesos |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 11:13 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 11:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8068 |
Actions (login required)
View Item |