PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI ANTARA METODE LATIHAN (DRILL) DENGAN RESITASI PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 40 JAKARTA TIMUR

DIAN SEPTI HANDAYANI, . (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI ANTARA METODE LATIHAN (DRILL) DENGAN RESITASI PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 40 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DIAN SEPTI HANDAYANI (8105100317)_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang diajarkan menggunakan metode latihan (drill) dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode resitasi pada siswa kelas X di SMK Negeri 40 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa post-test. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji persyaratan analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji-t). Sampel penelitian menggunakan kelas eksperimen yaitu X. AK2 menggunakan metode drill dan kelas kontrol yaitu X. AK1 menggunakan metode resitasi. Hasil uji normalitas X. AK2 menunjukkan bahwa Lo = 0,1529 dan Lt = 0,1556. Sedangkan kelas X. AK1 Lo = 0,1026 dan Lt = 0,1674. Maka, kedua data dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian pada uji homogenitas, F hitung = 1,63 dan F tabel = 1,88. Sehingga datanya dinyatakan homogen. Pada perhitungan uji-t (pengujian hipotesis) didapatkan nilai t hitung = 1,75 lebih besar t tabel = 1,67, dengan taraf signifikansi 0,05 maka datanya dikatakan signifikan yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar. ************************ This study aims to see the differences of learning outcomes in accounting subject between students who used drill method and recitation method at student tenth grade in Vocational High School 40 East Jakarta. This study used a quasiexperimental method with a quantitative approach. The study design used was Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Data collection techniques using post-test form. While the data analysis techniques used are requirements analysis test (test for normality and homogenity test) and hypothesis test (t-test). Sample research using the experimental class is X. AK2 with the drill method and the control class is X. AK1 with recitation method. Normality test results of X. AK2 indicate that Lo = 0.1529 and Lt = 0.1556. While the class X. AK1 are Lt=0.1026 and Lo = 0.1674. So, both the data expressed in normal distribution. For the homogenity test, the F value = 1.63 and F table = 1.88. Homogeneous so that the data stated. In the calculation of the t-test (hypothesis test) result tvalue= 1.75 bigger than t-table = 1.67, with a significance level of 0.05, so the data is said to be significant, which means there are differences in learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jul 2020 11:31
Last Modified: 08 Jul 2020 11:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8070

Actions (login required)

View Item View Item