PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 53 DI JAKARTA

DINA MADARINA D., . (2014) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 53 DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 53 di Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS kelas X (sepuluh) yang berjumlah 128 siswa, XI (sebelas) yang berjumlah 148 siswa, dan XII (dua belas) yang berjumlah 142 siswa, sehingga jumlah keseluruhan siswa jurusan IPS di SMA Negeri 53 Jakarta adalah 418 siswa. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 53 Jakarta tahun ajaran 2013 – 2014, yang berjumlah 148 siswa, terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik pengambilan sampel apabila semua populasi digunakan sebagai sampel dan dikenal juga dengan istilah sensus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda menggunakan software SPSS 16.0. Berdasarkan hasil output SPSS didapat persamaan regresi: Ŷ = 0,091 + 0,259X1 + 0,235X2 dan diketahui bahwa lingkungan sekolah (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi (Y) dengan thitung (5,314) > ttabel (1,976). Kemandirian belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi (Y) dengan diketahui thitung (4,632) > ttabel (1,976). Berdasarkan hasil uji F pada α = 5%, diketahui Fhitung (32,216) > Ftabel (3,06), maka dapat dikatakan bahwa lingkungan sekolah dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,308. Dengan demikian dapat diartikan bahwa 30,8% varians hasil belajar ekonomi dapat dijelaskan oleh lingkungan sekolah dan kemandirian belajar,sedangkan sisanya sebesar 69,2% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti. ************************** This research is purposed to analyze the influence of the school environment and learning independence to economic learning outcomes student of class XI 53 State Senior High School Jakarta. The method of this research is survey. The population in this researchare all of students of social major in class X (ten) amounts to 128 students, XI (eleven) amounts to 148 students, and XII (twelve) amounts to 142 students, the total number of students majoring in social studies at 53 State Senior High School is 418 students. While the population of inaccessibility are the second grade students in 53 State Senior High School Jakarta academic year 2013-2014, which amounts to 148 students, consisting of 4 classes. Sampling technique with saturated sampling technique. Saturation sampling is a sampling technique when all the population is used as a sample or also known as census. The technique of data analysis in this research is multiple regression analysis using SPSS 16.0. Based on the results obtained SPSS output regression equation: Y = 0,091 + 0,259X1 + 0,235X2 and has indicated the school environment (X1) is positively and significantly affacted to economic learning outcomes (Y) with thit (5,314)> ttab (1,976). Learning independence (X2) is positively and significantly affacted to economic learning outcomes (Y) with thit (4,632) > ttab (1,976). Based on the results of the F test at α = 5%, it got Fhit (32,216) > Ftab (3,06), it can concluded that the school environment and learning independence simultaneously affected to economic learning outcomes. The coefficient of determination (R2) value that obtained is 0,308. Thus means that 30,8% variance of learning outcomes can be explained by school environment and learning independence, while the remaining 69,2% is explained by other factors not researched.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jul 2020 12:47
Last Modified: 08 Jul 2020 12:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8075

Actions (login required)

View Item View Item