Aditya Galih Kisrianto, . (2016) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PENDIDIKAN SEJARAH TERHADAP PROGRAM PPG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (159kB) |
|
Text
2. ABSTRAK (INDONESIA).pdf Download (154kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai persepsi mahasiswa program PPG pendidikan sejarah terhadap program PPG. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2015 sampai Februari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survai. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program PPG angkatan III yaitu sebanyak 264 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling‘bertujuan’ (purposive sampling).Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah mahasiswa program PPG pendidikan sejarah angkatan III yaitu sebanyak 22 mahasiswa. Berdasarkan jumlah dari populasi terjangkau yang termasuk sedikit, maka populasi terjangkau ini dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel frekuensi dan persentase.Hasil penelitian diketahui65,46% responden mengetahui program PPG adalah sarana untuk memperoleh sertifikat pendidik. Hal ini diperkuat dengan 93,96% responden sudah menetapkan akan mengikuti program PPG sebagai jalur sertifikasi guru saat lulus kuliah. Pada saat perkuliahan program PPG, 55,85% responden sudah memahami proses penyelenggaraan program PPG. Pemahaman tentang proses penyelenggaraan program PPG ini dibuktikan dengan 71,23% responden mengetahui dan memahami tujuan dari sertifikasi yang ada dalam program PPG.Program PPG dipersepsikan oleh 80,7% responden sebagai program yang tepat untuk menghasilkan guru yang berkualitas dan bermutuditunjang dengan kegiatan perkuliahan yang efektif, sehingga program PPG menjadi rekomendasi bagi sarjana pendidikan sejarah pada khususnya untuk mengikuti program ini. iiKesimpulan penelitian ini adalah program PPG yang diikuti memberikan banyak ilmu yang baru dalam lingkup kompetensi pedagogik dan profesional. Pemberian sertifikat pendidik setelah lulus program PPG dapat menunjang profesi sebagai guru. Pelaksanaan program PPG sudah berjalan dengan baik dan tepat waktu, walaupun masihterdapat beberapa keluhan mahasiswa program PPG angkatan III
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Corry Iriani R.,M.Pd ; 2). Kurniawati, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 14:53 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 14:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8079 |
Actions (login required)
View Item |