PENGARUH BERPIKIR KRITIS, KEBIASAAN MEMBACA, DAN PENGUASAAN TATA KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang)

IKHFI IMANIAH, . (2020) PENGARUH BERPIKIR KRITIS, KEBIASAAN MEMBACA, DAN PENGUASAAN TATA KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung berpikir kritis, kebiasaan membaca, dan penguasaan tata kalimat terhadap keterampilan menulis esai Bahasa Inggris mahasiswa. Sampel yang diujikan sebanyak 64 mahasiswa semester V dengan menggunakan metode survei kuantitatif kausalitas dengan analisis jalur untuk menguji masing-masing variabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Tes dilakukan untuk mengetahui keterampilan menulis esai bahasa Inggris, kemampuan berfikir kritis dan penguasaan tata kalimat mahasiswa, sedangkan angket disebar untuk mengetahui kebiasaan membaca mereka. Kriteria tes menulis esai bahasa Inggris diadopsi dari ReadWriteThink: International Reading Association (2013), tes berfikir kritis diadopsi dari Glaser & Watsom (2015), tes penguasaan tata kalimat diadaptasi dari Lincoln University (2018), sedangkan angket kebiasaan membaca diadaptasi dari Gleed (2013). Data masing-masing variabel berasal dari distribusi normal dan linear. Hasil pengujian hipotesis dengan SPSS diperoleh Py1 = 0,111 dengan thitung = 2,207> ttabel = 1,670, maka dapat diinterpretasikan bahwa berfikir kritis berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan menulis esai Bahasa Inggris; Py2=0,130 dengan thitung=2,113>ttabel 1,670, sehingga kebiasaan membaca berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan menulis esai Bahasa Inggris; Py3= 0,364 dengan thitung=3,301>ttabel=1,670, maka penguasaan tata kalimat berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis esai Bahasa Inggris; P31=0,455 dengan thitung=2,115>ttabel 1,670 yang berarti bahwa berfikir kritis berpengaruh langsung positif terhadap penguasaan tata kalimat; P32= 0,650 dengan thitung=2,419>ttabel 1,670 yang berarti kebiasaan membaca berpengaruh langsung positif terhadap penguasaan tata kalimat; dan P21= 0,815 dengan thitung=2,644 ttabel 1,670 maka diinterpretasikan bahwa berfikir kritis berpengaruh langsung positif terhadap kebiasaan membaca. Penelitian ini menjelaskan bahwa keterampilan menulis esai bahasa Inggris secara simultan dapat dipengaruhi oleh berfikir kritis, kebiasaan membaca dan penguasaan tata kalimat. ********************** Abstract The research aim is to test the correlation of university student’s critical thinking, reading habits, and sentence structure mastery on their English essay writing skill. The samples tested were 64 semester V students using quantitative causality survey methods with path analysis to test each variable. Data collection techniques in this study used tests and questionnaires. The test was conducted to find out the English essay writing skill, critical thinking skill and student’s mastery of sentence structure, while the questionnaire was distributed to find out their reading habits. The English essay writing test criteria were adapted from ReadWriteThink: International Reading Association (2013), critical thinking tests were adopted from Glaser & Watson (2015), the sentence structure mastery tests were adapted from Lincoln University (2018), while the reading habits questionnaires were adapted from Gleed (2013). Data for each variable comes from normal and linear distributions. The results of hypothesis testing with SPSS obtained by Py1 = 0.111 with t-count = 2.207 > t-table = 1.670, then it can be interpreted that critical thinking has a positive direct effect on English essay writing skills; Py2 = 0.130 with t-count = 2.113 > t-table 1.670, so reading habits have a positive direct effect on English essay writing skills; Py3 = 0.364 with t-count = 3.301> t table = 1.670, then mastery of sentence structure has a positive effect on English essay writing skills; P31 = 0.455 with t-count = 2.115> t-table 1.670 which means that critical thinking has a positive direct effect on student’s sentence structure mastery; P32 = 0.650 with t-count = 2.419> t-table 1.670, it means reading habits have a direct positive effect on student’s sentence structure mastery; and P21 = 0.815 with t-count = 2.644 > t-table 1.670 then it can be interpreted that critical thinking has a direct positive effect on reading habits. The research results explain that English essay writing skill simultaneously can be influenced by critical thinking, reading habits and sentence structure mastery.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A. ; 2). Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 3569 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2020 09:38
Last Modified: 09 Jul 2020 09:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item