PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA UNIT USAHA FOOD AND BEVERAGE DI KOPERASI KARYAWAN BANK SYARIAH MANDIRI JAKARTA PUSAT

DIYAN FITRIA, . (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA UNIT USAHA FOOD AND BEVERAGE DI KOPERASI KARYAWAN BANK SYARIAH MANDIRI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
diyan skripsi.pdf

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi mengenai kualitas pelayanan, persepsi harga, kepuasan anggota, dan menguji pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan anggota pada Unit Usaha Food and Beverage di Koperasi Karyawan Bank Syariah Mandiri Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung bulan terhitung dari bulan Maret hingga Juni 2014. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara, observasi dan kuesioner menggunakan responden sebanyak 30 anggota koperasi. Dari hasil uji coba diperoleh nilai reliabilitas kepuasan anggota sebesar 0,872, 0,838 untuk kualitas pelayanan dan 0,829 untuk persepsi harga, dengan demikian, instrumen penelitian ini sangat reliable untuk digunakan. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan model analisis regresi berganda menggunakan software SPSS 16.0 memilki persamaan Ŷ = 24.943 + 0.255X1 + 0.287X2 + 6.318. Persamaan ini menandakan arah yang positif antara ketiga variabel tersebut. Pengujian hipotesis dari t hitung diperoleh hasil sebesar 4.375 untuk variabel kualitas pelayanan dan 4.469 untuk variabel persepsi harga, sehingga menyatakan bahwa H0 ditolak pada tingkat keyakinan 95%, artinya bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan anggota. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,433 memiliki pengertian bahwa sumbangan pengaruh variabel kualitas pelayanan dan variabel persepsi harga sebesar 43,3 % sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak ada dalam model penelitian ini. *********************** This study aims to identify and analyze the service quality, price perception, member satisfaction, and examines the influence of price perception of service quality and to the satisfaction of the members of the Business Unit Food and Beverage Employees Cooperative Bank Syariah Mandiri, Jakarta. This study was conducted over four months from March to June 2014. This research is a descriptive study using survey method. Collecting data using the technique of recording documents, interviews, observation and questionnaires using a total of 30 members of the cooperative respondents. From the test results the reliability values of member satisfaction 0.872, 0.838 to the quality of service, and 0.829 to price perception, therefore, is very reliable research instruments to be used. Analysis of the research data using multiple regression analysis based on multiple regressions by using SPSS 16.0 SPSS software has an equation Y = 24.943 + 0.255X1 + 0.287 X2 + 6.318. This equation indicates a positive direction between these three variables. Testing the hypothesis of t obtained yield was 4,375 to 4,469 variables to service quality and price perception variable, so it states that H0 is rejected at the 95% confidence level, meaning that there is positive and significant correlation between perceived service quality and price to the satisfaction of members.Determination coefficient value that obtained is 0,433, was obtained having the notion that the contribution of the effect of variable service quality and variable price perception of 43,3 % while the rest is explained by other factors that do not exist in this research model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Koperasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 09 Jul 2020 15:47
Last Modified: 09 Jul 2020 15:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8094

Actions (login required)

View Item View Item