TELAAH HADIS KHILAFAH KENABIAN DALAM RIWAYAT MUSNAD AHMAD BIN HAMBAL

AKHIAT FERDIANTO, . (2016) TELAAH HADIS KHILAFAH KENABIAN DALAM RIWAYAT MUSNAD AHMAD BIN HAMBAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
#COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
(lembar pengesahan, abstrak, daftar isi(1).pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 1 pendahuluan.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB 2 kajian teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB 3 isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB 4 isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB 5 penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan hasilmengenai derajat sebuahhadis berdasarakan data yang disajikan, untuk mendapatkanhasil yang tepat,shahih, validterhadap hadiskhilafah dalam hadis-hadisnabiMuhammadSAWsebagai sumber hukum islam bersama dengan Al-Quran,dan untukmengetahuikonsepdan praktiknegara khilafah.Penelitianinimerupakan penelitian deskriptif analitis. Penelitian deskriptifanalitis adalah penelitian yang tidak hanya menggambarkan, memaparkan, danmelaporkan sebuah obyek dengan menarik kesimpulan.Namun,secara umummelakukan penyelidikanuntukmenemukan kesalahan dan kekeliruan dalammenganalisis sebuah persoalan yang sedang dihadapi, yaitu berkenaan denganhadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tentang khilafah.Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori penelitiantakhrij,penelitian sanad, penelitian matan dan menggunakan ilmuRijalul hadits,tahamul wal ada’al-HaditssertaJahr wa’ ta’dilsebagai penilaiansanad.kemudian teori salahudin al-adlabi dalam penelitian matan.Hasil penelitian ini menunjukan;Pertamadilihat dari jumlah perawi yangmeriwayatkan merupakan hadisahad.Ditinjau darikualitas sanadhadis inimerupakan hadis dha’if.Kedua,matan hadis berkualitasshahih karena tidakditemukan bukti yang kuat terhadap syuzuz dan illat pada matan.Ketiga,konsepdan praktik negara khilafah merupakan bentuk yang dinamis. Para ulama punberbeda pendapat mengenai konsep khilafah pada zaman klasik, pertengahandan modern. tidak ada konsep tunggal pada tataran konsep maupun praktik.sejak periodeRasulullah wafat umat islam menjalani bentuk khilafah yangberbeda-beda sesuai kondisi pada saat itu hingga sekarang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Jul 2020 19:23
Last Modified: 14 Jul 2020 19:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8110

Actions (login required)

View Item View Item