CONNY SEMIAWAN DAN PEMIKIRAN PENDIDIKANNYA MENGENAI CBSA (CARA BELAJAR SISWA AKTIF)

Arif Nur Ridwan, . (2016) CONNY SEMIAWAN DAN PEMIKIRAN PENDIDIKANNYA MENGENAI CBSA (CARA BELAJAR SISWA AKTIF). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN ARIF NUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
Skripsi Conny Semiawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pembahasan mengenai tokoh pendidikan di Indonesia beserta gagasan pemikiran pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran Conny Semiawan mengenai pendidikan beserta perjalanan hidup nya. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, spesifikasi pada sejarah intelektual yang mengkaji dan mengembangkan fakta sejarah tentang siapa menulis apa dan bilamana, serta dalam bentuk apa karyanya di publikasikan. Sumber-sumber sejarah yang digunakan adalah sumber sejarah primer yaitu wawancara langsung dengan Conny Semiawan dan buku-buku karya nya mengenai pendidikan, serta di dukung dengan sumber sejarah sekunder seperti arsip koran dan wawancara kerabat terdekat.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemikiran Conny Semiawan mengenai pendidikan berpusat pada bagaimana cara mengaktifkan siswa di dalam pembelajaran. Pendidikan bagi Conny Semiawan tidak hanya proses untuk mengisi pengetahuan ke dalam otak saja, melainkan menjadi jembatan bagi siswa untuk mengaktualisasikan kemampuan dan bakat yang ada di dalam dirinya. Oleh karena itu, suasana pendidikan berpusat pada keaktifan siswa dalam pembelajaran menjadi prasayarat terwujudnya hal tersebut karena sejatinya pendidikan bagi Conny Semiawan adalah proses dialektis bersama antara guru dengan murid untuk mencari sebuah pengetahuan. Konsep pendidikan Conny Semiawan berlandaskan pada pendidikan progresivisme. Pendidikan progresivisme merupakan aliran pendidikan yang memberikan peranan pendidik untuk menciptakan kondisi edukatif, memberikan motivasi-motivasi dan stimulus sehingga akal dan kecerdasan anak didik dapat berfungsi dan berkembang dengan baik. Selain itu juga, konsep pendidikan progresivisme berkaitan dengan konsep pendidikan holistik yang berdasarkan pada kemampuan, kebutuhan, dan pengalaman siswa. Gagasan pendidikan nya mengenai keaktifan siswa di dalam pembelajaran ia tuangkan dalam suatu konsep yang disebut sebagai CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Jul 2020 16:04
Last Modified: 20 Jul 2020 16:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8138

Actions (login required)

View Item View Item