PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 KOTA BOGOR

Ayu Octaviani, . (2016) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
burning 3 kali.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kota Bogor. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Bogor,Jl. Ir. H. Juanda No. 16, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor,selama kurang lebih 5 bulan dari bulan Januari sampai dengan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan kualitatif etnografi,dengan teknik pengumpulan data melalui observasi atau pengamatan,wawancara,dokumen dan bahan audiovisual. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Ibu Dra. Sri Eningsih,M.Pd,selaku kepala SMA Negeri 1 Kota Bogor,sedangkan informan intinya adalah Ibu Dra. Tri Ratna Widiyawati dan Ibu Iin iriyance,M. Pd,selaku guru sejarah SMA Negeri 1 Kota Bogor,serta peserta didik kelas X IPA 3,X IPA 7,X IPA 8 dan XI IPS 2.Hasil penelitian menyimpulkan,bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kota Bogor,sudah diterapkan oleh guru dengan baik,namun belum seratus persen diterapkan sepenuhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus dan buku guru,serta menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik. Guru sudah berusaha melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati,menanyakan,mengumpulkan informasi,mengolah informasi dan mengomunikasikan Selain itu,penerapan pendekatan saintifik bukan tanpa kendala baik yang dirasakan guru ataupun siswa. Kendala yang dirasakan guru adalah persoalan waktu, iidi mana pada pembelajaran yang terletak di jam terakhir kadang siswa sudah merasa bosan dan lelah,sedangkan pendekatan saintifik menuntut siswa untuk aktif dan mandiri,sehingga guru merasa bingung untuk menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di kelas,selain itu guru kurang menguasai pemakaian teknologi,sedangkan dalam pendekatan saintifik khususnya pada langkah mengamati,guru lebih banyak menampilkan gambar maupun video,hal itu membutuhkan penguasaan teknologi yang baik. Bagi siswa,kendala yang mereka rasakan adalah dituntut untuk bertanya,sedangkan tidak hanya satu atau dua orang saja yang bertanya,namun sebagian besar siswa ingin bertanya,sehingga pertanyaan yang ingin disampaikan telah disampaikan oleh siswa lain,selain itu banyaknya tugas yang diberikan guru,sehingga membuat siswa tidak bisa menjamah semua materi yang disampaiakn guru,serta banyaknya sumber yang menceritakan fakta yang berbeda-beda,hal ini membuat para siswa bingung dalam menentukan fakta yang benar.Diterapkannya pendekatan saintifik memberikan pengalaman belajar yang menuntut keaktifan bagi para siswa. Para siswa merasa tertantang dengan diterapkannya pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di kelas,sehingga membuat suasana belajar menjadi hidup dan menyenangkan. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kota Bogor membuktikan bahwa pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru (teacher centered),namun juga melibatkan siswa secara aktif dan siswa menjadi dituntut untuk lebih mandiri,serta berpusat pada siswa (studentcentered)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Jul 2020 16:42
Last Modified: 21 Jul 2020 16:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item View Item