CANTYANI, . (2016) PERAN ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN INFORMAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 cover sps.pdf Download (27kB) |
|
Text
2 Sistematika penulisan.pdf Download (579kB) |
|
Text
3 SPS revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
4 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
5 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran orang tua tunggal dalam menerapkan pendidikan informal kepada anakdi tiga keluarga dengan ayah sebagai orang tua tunggaldan mengasuh anakdan mengetahui apa faktor pendukung, faktor penghambat, dan tantangan yang dihadapi oleh ketigaorang tua tunggal dalam menerapkan pendidikan informal kepada anak.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatifdengan jenis penelitian deskriptifyangdigunakan untuk mengangkat fenomena keluarga dengan orang tua tunggal dan bagaimana caraorang tua tunggal dalam menerapkan sebuah pendidikan informal.Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang, 3 (tiga) orang tua tunggal laki –laki dan 3 (tiga) orang tua tunggal perempuan. Informan kunci dalam penelitian ini yakni berjumlah 3 (tiga) orang tua tunggal laki –laki yang mengasuh anak. Teknik pengumpulan datadiperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Untuk teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan triangulasi data dengan membandingkan data temuanlapangandengananak dari orang tua tunggal dan seorang Psikolog.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dalam menerapkan pendidikan informal yang dilakukan oleh orang tua tunggal tidaklah jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh orang tuautuh. Pendidikan informal yang dilakukan oleh ketiga orang tua tunggal meliputipendidikan informal pembentukan sikapseperti sikap saling tolong –menolong, pembentukan prestasi di bidang akademikdan pembentukan kemandirianseperti anak dapat menyiapkan kebutuhan dirinya sendiri.Perbedaan terlihat pada pembentukan kemandirian lebih diutamakan oleh orang tua tunggal yang memiliki waktu terbatass untuk selalu bersama anaknya. Selain itu, perbedaan terlihat dalam bagaimana cara ayah sebagai orang tua tunggal menerapkan pendidikan informalkepada anak. Ayah sebagai orang tua tunggal yang sebelumnya fokus mencari nafkah dan dapat berbagi peran dengan pasangannya kini harus terbiasa menjalani peran yang biasa dilakukan oleh seorang ibu yakni mendidik dan membesarkan anak.Selama menerapkanpendidikan informalterdapat faktor pendukungbagiorang tua tunggal. Terdapat jugafaktor penghambat pendidikan informal tidak lain merupakan kesempatan bagi orang tua tunggal mencari cara yang terbaik untuk tetap melaksanakanpendidikan informal dengan lebih baik lagi kepadaanak –anaknya. Tantangan jugadihadapi seorang ayah sebagai orang tua tunggal karena harus bisa memberikan kasih sayang kepada anak, bagaimana anak dapat merasakan kasih sayang dari seorang ibu dan kasih sayangdari seorang ayah,yang hanya diberikan oleh seorang ayah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 15:16 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 15:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8159 |
Actions (login required)
View Item |