PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CURAH PIKIRAN (BRAINSTORMING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS DI SMA Negeri 54 JAKARTA

Deasy Susanti, . (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CURAH PIKIRAN (BRAINSTORMING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS DI SMA Negeri 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak,katapengantar,lembar pengesahan, lembar orsinilitas, daftarisi,daftarlampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mendapatkan dua empiris tentang pengaruh pemberian pengetahuan terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarahPenelitian ini diadakan di SMA Negeri 54 Jakarta selama 5bulan yaitu bulan November 2015 sampai dengan Maret 2016 pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 54 Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya adalah seluruh kelas XI. Teknik pengambilan sample menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu siswa kelas XI IPS-1 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPS-3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen.Berdasarkan deskripsi teoritis dan kerangka berpikir maka dirumuskan hipotesis penelitian : terdapat pengaruh metode pembelajaran curah pikiran (brainstorming) terhadap hasil belajar sejarah siswa. Terlebih dahulu dilakukan uji coba validitas pada instrumen penelitian. Dari hasil uji coba tersebut didapat 46 instrumen valid dan 14 butir invalid, dilanjutkan perhitungan uji reabilitas dan didapatkan nilai rii0,913, kemudian dilanjutkan perhitungan untuk menggambar grafik histogram untuk kelas eksperimen dan kelaskontrol. Setalah itu dilakukan pengujian persyaratan data dengan uji normalitas menggunakan rumus Liliefors (α = 0,05, n : 36). Dari hasil perhitungan untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0, 129 dan Ltabel = 0,148, sedangkan kelas kontrol diperoleh Lhitung= 0, 128 dan Ltabel = 0,148. Karena Lhitung < Ltabelberarti data berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan uji Homogenitas menggunakan Uji Barlett di Peroleh X2(hitung)= 0,313 X2(tabel)= 3,84. Karena X2(hitung) < X2(tabel)maka kelompok sampelberasal dari populasi yang homogen.Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t. Perhitungan penelitian ini menghasilkan t(hitung)sebesar 4,249, sedangkan t(tabel)sebesar 2,00 pada taraf signifikan 0,05 untuk n-2 = 70. Dengan demikian, t(hitung)> t(tabel).Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Hoditolakdan H1diterima.Hal ini berarti bahwa pemberian metode pembelajaran curah pikiran (brainstorming)memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jul 2020 19:45
Last Modified: 22 Jul 2020 19:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item View Item