PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CURAH PIKIRAN (BRAINSTORMING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELASXI IISDI SMA Negeri 54 JAKARTA

DEASY SUSANTI, . (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CURAH PIKIRAN (BRAINSTORMING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELASXI IISDI SMA Negeri 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak,katapengantar,lembar pengesahan, lembar orsinilitas, daftarisi,daftarlampiran.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dua empiris tentang pengaruh pemberian pengetahuan terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah Penelitian ini diadakan di SMA Negeri 54 Jakarta selama 5 bulan yaitu bulan November 2015 sampai dengan Maret 2016 pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 54 Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya adalah seluruh kelas XI. Teknik pengambilan sample menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu siswa kelas XI IPS-1 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPS-3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan deskripsi teoritis dan kerangka berpikir maka dirumuskan hipotesis penelitian : terdapat pengaruh metode pembelajaran curah pikiran (brainstorming) terhadap hasil belajar sejarah siswa. Terlebih dahulu dilakukan uji coba validitas pada instrumen penelitian. Dari hasil uji coba tersebut didapat 46 instrumen valid dan 14 butir invalid, dilanjutkan perhitungan uji reabilitas dan didapatkan nilai rii0,913, kemudian dilanjutkan perhitungan untuk menggambar grafik histogram untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setalah itu dilakukan pengujian persyaratan data dengan uji normalitas menggunakan rumus Liliefors (α = 0,05, n : 36). Dari hasil perhitungan untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0, 129 dan Ltabel = 0,148, sedangkan kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0, 128 dan Ltabel = 0,148. Karena Lhitung < Ltabel berarti data berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan uji Homogenitas menggunakan Uji Barlett di Peroleh X2 (hitung) = 0,313 X 2 (tabel) = 3,84. Karena X2 (hitung) < X2 (tabel) maka kelompok sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t. Perhitungan penelitian ini menghasilkan t(hitung) sebesar 4,249, sedangkan t(tabel) sebesar 2,00 pada taraf signifikan 0,05 untuk n-2 = 70. Dengan demikian, t(hitung)> t(tabel). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Hoditolak dan H1diterima.Hal ini berarti bahwa pemberian metode pembelajaran curah pikiran (brainstorming) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah This study aims to get two empirical knowledge about the effect of the learning outcomes of students in a history lesson This study was conducted in SMA Negeri 54 Jakarta for 5 months from November 2015 until March 2016 in the 2nd half of the school year 2015/2016 The research method used is quantitative method with experimental approach, target population in this study were all class X, XI, and XII SMA Negeri 54 Jakarta, while the population of inaccessibility is the entire class XI. Sampling technique using cluster random sampling. Samples were taken amounting to two classes of students of class XI IPS-1 with 36 students as control class and class XI IPS-3 with 36 students as an experimental class. Based on the theoretical description and rationale the formulated hypothesis of the study is: there are effect of learning method brainstorming to students history learning outcomes. First, trials was conducted on the validity of research instruments. From the test results are obtained 46 valid instrument and 14 grains invalid, followed by calculation of reliability test and obtained the value 0.913 RII, then proceed to draw a graph histogram calculation for the experimental class and control class. Then the testing requirements of the data was conducted by using a formula Liliefors normality test (α = 0.05, n: 36). From the results of calculations for the experimental class obtained Lcount = 0, 129 and Ltable = 0.148, while the control group gained Lcount = 0, 128 and Ltable = 0.148. Because Lcount <Ltable, mean data have normal distribution. After tested using the Bartlett Homogeneity the result X2 (count) = 0,313 X2 (table) = 3.84. Because X2 (count) <X2 (table), mean group of samples from a homogeneous population. Hypothesis calibration using t-test formula. Calculation of this study yield t (count) amounted to 4,249, whereas t (table) of 2.00 at the significance level of 0.05 for n-2 = 70. Thus, t (count)> t (table). The research concluded that Ho refused and H1 accepted. This means that award of learning methods brainstorming has an effect on student history learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra, Ratu Husmiati, M. Hum, ; 2). M. Hasmi Yanuardi, S.S, M. Hum,
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jul 2020 19:56
Last Modified: 01 Aug 2022 03:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item