DIAN KARTIKA HARDIYANTI, . (2016) POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK PENYANDANG RETARDASI MENTAL(Studi Kasus : Siswa Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Budi Daya Kasih Cijantung Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana pola asuh yang dilakukan orang tua pada anak penyandang retardasi mental yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa Budi Daya Kasih, Cijantung, Jakarta Timur. Pola asuh ini terkait dengan hambatan dari dalam dan luar yang mempengaruhi pola asuh orang tua pada anak penyandang retardasi mental.Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen pengumpul data yang mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, analisis dokumen, dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul kemudian diperiksa keabsahan datanya menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensial, dan auditing dengan dosen pembimbing. Analisis data dilakukan mengikuti model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hambatan yang berasal dari dalam diri orang tua dan dari luar, seperti lingkungan sekitar dalam pengasuhan orang tuayang memiliki anak retardasi mental. Hambatan dari dalam berupa emosi orang tua menghadapi anak retardasi mental meliputi sikap orang tua pada anak, kesulitan komunikasi orang tua dengan anak, dan kekhawatiran orang tua terhadap masa depan anak. Hambatan eksternal berupa pembicaraan negatif terhadap anak yang berasal dari lingkungan sekitar, seperti tetangga sekitar rumah, serta cemoohan, dan beberapa kontak fisik yang dilakukan orang-orang sekitar tempat tinggal orang tua dan anak yang ditunjukkan kepada anak retardasi mental. Pola asuh orang tua pada anaknya adalah pola asuh permisif, otoriter, dan ada yang menerapkan pola asuh demokrasi, tetapi pola asuh lebih banyak ke arah otoriter karena orang tua masih belum mampu mengendalikan emosi dan amarah kepada anak dalam pengasuhan anak retardasi mental
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 18:06 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 18:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8187 |
Actions (login required)
View Item |