HUBUNGAN ANTARA SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 46 JAKARTA

EVAN TARIS HAKIM, . (2014) HUBUNGAN ANTARA SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 46 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Evan Taris Hakim.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 213 siswa. Populasi terjangkau dalam penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi berjumlah 71 siswa. Jumlah sample yang dijadikan penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sejumlah 58 siswa. Jumlah sampel dari tiap kelas diambil secara proporsional dengan menggunakan teknik acak sederhana (Proportional Random Sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk kuesioner berjumlah 29 butir untuk variabel sikap belajar. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 13,28 + 0,49X. Data dinyatakan normal karena hasil dari Lhitung < Ltabel dengan jumlah Lhitung sebesar 0,0756 dan Ltabel dengan taraf signifikan 5% serta n= 58 orang maka 0,1163. Berdasarkan uji linieritas regresi, didapatkan hasil data berbentuk linier yaitu hasil fhitung < ftabel dengan hasil perhitungan fhitung sejumlah 1,15 dan ftabel sebesar 1,87. Berdasarkan uji hipotesis, untuk uji keberartian regresi didapatkan hasil data bahwa regresi diperoleh memiliki keberartian atau signifikan yaitu hasil perhitungan didapatkan bahwa Fhitung > Ftabel dengan Fhitung sebesar 13,63 dan Fhitung sebesar 4,02. Uji koefisien korelasi didapatkan dari hasil perhitungan bahwa rxy sebesar 0,442 yang artinya bahwa terdapat hubungan yang kuat antara sikap belajar dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi (uji-t) didapatkan hasil bahwa thitung sebesar 3,69 dengan ttabel pada n-2 (58-2) = 1,67, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan di antara kedua variabel karena hasil thitung > ttabel. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi untuk kedua variabel menghasilkan 0,442 atau sebesar 19,58% yang artinya sikap belajar dapat mempengaruhi hasil belajar.sebesar 19,58% **************************** The Purpose of this research to obtain valid data and facts about the relationship of the attitude of learning with student learning outcomes in the accounting subject class X accounting department 46 vocational high school in Jakarta. This study was conducted using a survey with a correlational approach. The population in this study were all students of class X which totaled 213 students. Affordable in the study population are students of class X Accounting Department totaled 71 students. The samples that made this study is a class X student of Accounting numbered 58 students. The number of samples of each class is determined proportionally by using a proporsional Random Sampling Technique. The instrument used in this study form questionnaire totaled 29 points for the Attitude of Learning. regression equation in this research is Ŷ = 13.28 + 0.49X. Data were expressed normally as a result of Lcount < Ltable the number Lcount of 0,0756 and with a significant level of 5 % and n = 58 then Ltable 0.1163 . Based on the regression linearity test , the data showed that the results of the linear form of Fcount < Ftable with the results of the calculation of Fcount of 1,15 and Ftabel 1,87. Based on hypothesis testing, regression to test the significance of the data showed that regression has significance or significant that the calculation results showed that the Fcount > Ftable with Fcount of 13.63 and Ftable of 4.02. Correlation coefficient test results obtained from the calculations that rxy of 0.442, which means that there is a strong relationship between learning attitudes with learning outcomes. Based on the correlation coefficient significance test showed that tcount of 3.69 with ttable on n - 2 ( 58-2 ) = 1.67, this means that there is a significant relationship between the two variables as the result of tcount > ttable. Based on the calculation of the coefficient of determination for both variables produce 0.442 or 19.58 % , which means it is 19.58 % means that the learning attitudes can affect learning outcomes..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Jul 2020 15:40
Last Modified: 29 Jul 2020 15:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

View Item View Item