PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN RAWAMANGUN, JAKARTA TIMUR(Studi Eksperimen di SDN Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur)

AJRI ABAS, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN RAWAMANGUN, JAKARTA TIMUR(Studi Eksperimen di SDN Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF SKRIPSI AJRI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data empiris kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SDN dalam pembelajarannya mendapatkan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur di kelas IV. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan materi tentang “Gaya”, berjumlah 27 kuesioner. Instrumen tersebut kemudian dihitung uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa kedua kelas bersifat homogen. Setelah itu dianalisis dengan hipotesis menggunakan uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,68 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α=0,05 adalah sebesar 2,03. Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitiaan diterima (H1). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pendekatan keterampilan proses terhadap kecerdasan interpersonal IPA siswa kelas IV di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M. Pd ; 2). Drs. Julius Sagita, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Oct 2019 11:38
Last Modified: 30 Oct 2019 11:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item