ETNIK EKONOMIETNIS MADURA (Studi Pada Perempuan Etnis Madura dalam Usaha Dagang Ikan di Pasar Kramat Jati)

Evi Fadillawati, . (2016) ETNIK EKONOMIETNIS MADURA (Studi Pada Perempuan Etnis Madura dalam Usaha Dagang Ikan di Pasar Kramat Jati). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
2. ABSTRAK - DAFTAR IS1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
3. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai kondisi sosial-ekonomi perempuan etnis Madura yang mendominasi perdagangan ikan di Pasar Kramat Jati.Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai perilaku sosial-ekonomi perempuan pedagang ikan yang berasal dari Madura dan bagaimana institusi keluarga berperan dalam melanggengkan tradisi berdagang.Penelitimengangkat duapermasalahan utama dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana aspek etnik ekonomi pada perempuan etnis Madura dalamusaha dagang ikan di Pasar Kramat Jati. Kedua, bagaimana proses sosialisasi keluarga dalam usaha dagang ikan pada perempuan etnis Madura di Pasar Kramat Jati.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi kepustakaan. Lokasi penelitian di Pasar Kramat Jati yang terletak di Kelurahan Kramat Jati dan Kecamatan Kramat Jati,Jakarta Timur. Informan dalampenelitian ini adalah satu orang pengurus PD Pasar Jaya Kramat Jati, satu pedagang ikan senior, satu suami dari pedagang ikan, tiga perempuan pedagang ikan, dan tiga anak dari pedagang ikan di Pasar Kramat Jati.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan etnis Madura yang terlibat dalam usaha dagang ikan di Pasar Kramat Jati dipengaruhi oleh sosialisasi yang terjadi dalam keluargadan lingkungan masyarakat Madura. Keluarga terutama orang tua menjadi model dan acuan peran dalam pewarisan identitas dan kultur dalam berdagang. Kebiasaan berdagang pada keluarga-keluarga etnis Madura ternyata telah memompa generasi-generasi orang Madura berikutnya untuk ikut menggeluti usaha yang serupa dengan generasi sebelumnya. Etos kerja keras sebagai refleksi nilai agama juga menjadi motivasidalam diri perempuan etnis Madura untuk terlibat sebagai pedagang ikan di Pasar Kramat Jati. Perempuan etnis Madura dalam berdagang dimudahkan dengan adanya jaringan sosial berdasarkan ikatan etnisitas dan kekerabatan. Ikatan etnisitas dan kekerabatan menjadi modal dan memberi kemudahan bagi etnis Madura sehingga mereka secara sengaja atau tidak sengaja membentuk komunitas pedagang ikan di Pasar Kramat Jati dan mempertahankan eksistensinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Aug 2020 16:09
Last Modified: 04 Aug 2020 16:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8283

Actions (login required)

View Item View Item