PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 150 Jakarta)

Fajar Kurniawan, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 150 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FAJAR KURNIAWAN_SKRIPSI_P.IPS_4915127045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Preziberpengaruh terhadap hasil belajar IPS.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 150 Jakarta dengan sampel kelas VIII.Sampel penelitian diambil secara purposive random samplingyaitu dengan pengambilan sampel secara acak namun dengan pertimbangan tertentu.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental yaitu untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan (treatment) yang dilakukan berupa penggunaan media pembelajaran Preziterhadap hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dengan melakukantes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Setelah data terkumpul maka langkah selanjutnya uji prasyarat analisis dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan uji normalitas dengan menggunakan uji lilieforsdan uji homogenitas dengan mengggunakan uji fishermenunjukan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal danhomogen.Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai thitunglebih besar dari ttabel(3,746>1,997) pada KD 6.3 Pengendalian Penyimpangan Sosial, dan bahwa nilai thitunglebih besar dari ttabel(3,043>1,997) pada KD 7.1 Ketenagakerjaan dengan masing-masing taraf signifikansi 0,05 yang artinya hipotesis Haditerima. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran prezi lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan powerpoint. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran setelah diberi perlakuan dengan menggunakan mediaPrezisehingga hasil belajar yang diperolehbaikKesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Prezimemiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 150 Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2020 18:22
Last Modified: 04 Aug 2020 18:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8285

Actions (login required)

View Item View Item