PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta)

FANI NURDIANTI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimentaldengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling, diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-G yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk tes tertulis. Setelah data terkumpul, maka data akan diolah dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis data. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data yang dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji Lilieforsdan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher,menunjukkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung= 3,315 dan ttabel= 2,03. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung> ttabelyang berarti H0ditolak dan H1diterima. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 97 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Aug 2020 18:49
Last Modified: 04 Aug 2020 18:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item