HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DALAM BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DI SMK NEGERI 8 JAKARTA

FITRIA PERTIWI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DALAM BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DI SMK NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen waktu dalam belajar, hasil belajar dan menguji ada tidaknya hubungan antara manajemen waktu dalam belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Jakarta.Waktu penelitian dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan terhitung sejak bulan April 2014 sampai dengan bulan Mei 2014. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan bentuk penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak proporsional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 106 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah 85 orang siswa kelas X Akuntansi. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner berskala likert (angket valid dan reliabel) untuk menjaring data tentang manajemen waktu dalam belajar dan dokumentasi hasil belajar siswa berupa ratarata hasil ulangan. Pada variabel manajemen waktu dalam belajar, indikator menetapkan tujuan (goal setting) merupakan indikator yang paling dominan menentukan manajemen waktu dalam belajar yaitu sebesar 29,02%. Bentuk hubungan antara manajemen waktu dalam belajar dengan hasil belajar memiliki persamaan regresi Ŷ = 66,93 + 0,19X. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas menghasilkan Lhitung < Ltabel atau 0,0527 < 0,0961 dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 69,24 > Ftabel = 3,94 maka disimpulkan regresi berarti. Sedangkan untuk uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung = 1,16 < Ftabel = 1,66 yang berarti regresi berbentuk linier. Dari uji koefisien korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,6695 dan koefisien korelasi tersebut signifikan. Koefisien determinasi adalah 0,4482, hal ini berarti sebesar 44,82% hasil belajar ditentukan oleh manajemen waktu dalam belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya hubungan positif dan berarti antara manajemen waktu dalam belajar dengan hasil belajar siswa. ********************** This study aimed to describe the learning time management, learning outcomes and test the relationship between the management of time in learning with the learning outcomes of students. This research was conducted at SMK Negeri 8 Jakarta. When the study was conducted over approximately two months starting from the month of April 2014 until May 2014. This methods study uses a survey method with a form of quantitative research. Sampling was done by using a proportional random sample. The population in this study amounted affordable 106 students and the samples used were 85 students of class X Accounting. The collection of data obtained through Likert scale (valid and reliabel instrument) questionnaire to gather data on the learning time management and documentation of student learning outcomes in the form of average test results. At the time in learning management variables, the indicator set goals is the most dominant indicators that management determines the amount of time in learning to 29,02%. Hypothesis test the relationship between the management of time in learning the learning outcomes have the regression equation Ŷ = 66,93 + 0,19X. Test requirements analysis is performed with the estimated error normality Lvalue = 0,0527 < Ltable = 0,0961 thus it can be concluded that the data is normally distributed. Regression to test the significance of the F distribution table Fvalue = 69,24 > Ftable = 3,94 the mean regression. As for the linearity regression test Fvalue = 1,16 < Ftable = 1,66 which means linear regression. The product moment correlation coefficient test the correlation coefficient rxy = 0,6695 it can be concluded that the correlation coefficient is significant. The coefficient of determination is 0,4482, this means that 44,82% of the learning outcomes determined by the learning time management. The study concluded that a positive and significant relationship between learning time management with the learning outcomes of student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 05 Aug 2020 15:15
Last Modified: 05 Aug 2020 15:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8293

Actions (login required)

View Item View Item