Kreatifitas Guru PAI dalam Mengembangkan Bahan Ajar( Studi Kasus Guru PAI di SMKN 7 Jakarta)

Hanifatuz Zakiya, . (2016) Kreatifitas Guru PAI dalam Mengembangkan Bahan Ajar( Studi Kasus Guru PAI di SMKN 7 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Hanifatuz Zakiya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakanbahan ajar PAI dan bagaimana langkah mengembangkan bahan ajar yang baik. Objek penelitian ini adalah 3 guru PAI di SMKN 7 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru PAI di SMKN 7 Jakarta dalam menggunakan bahan ajar belum optimal dikarenakan indikator kreatif yang belum muncul seluruhnya dalam diri guru Agama Islam tersebut, yaitu;kreativitas guru PAI pada indikator orisinalitas, karena bahan ajar yang digunakan masih menggunakan bahan ajar yang tersedia dan bukan hasil karya sendiri. Namun, pada aspek keluwesan, kelancaran berpikir dan elaboratif sudah munculpada diri guru PAI di SMKN 7 Jakarta. Selanjutnya, faktor utama yang menjadi pendukung untuk guru menggunakankreativitasnya pada bahan ajar adalah tumbuhnya keinginan yang ada pada diri sendiri untuk meningkatkan etos kerja guna memotivasi diri untuk dapat mencerdaskan siswa dan membangun akhlak siswa, faktor lainyang tidak kalah penting adalah dukungan saran prasarana serta pelatihan dan pengawasan dari pimpinan sekolah (Kepala Sekolah)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 Aug 2020 19:37
Last Modified: 05 Aug 2020 19:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item View Item