KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA KELAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Kajian Etnografi Komunikasi di Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra Jakarta)

FITRIYAH, . (2020) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA KELAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Kajian Etnografi Komunikasi di Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisa kesantunan berbahasa dalam wacana kelas pembelajaran Bahasa Inggris di STFI Sadra Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemenuhan prinsip kesantunan berbahasa, pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa, strategi kesantunan berbahasa, bentuk tuturan langsung dan tidak langsung, serta tema budaya yang muncul dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi komunikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan; melakuakan obeservasi di kelas, mengumpulkan data dengan merekan percakapan yang terjadi di kelas, mentranskripsikan percakapan; mengklasifikasikan percakapan berdasarkan domain dan taksonomi; dan memilih unit-unit percakapan sebagai unit data yang dianalisis, serta menggunakan wawancara dengan dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas antara dosen dan mahasiwa memenuhi prinsip kesantunan berbahasa, namun ada juga yang melanggar prinsip kesantunan berbahasa. Strategi kesantunan positif dan negatif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Terdapat bentuk keragaman tuturan langsung dan tidak langsung dengan modus deklaratif, interogatif, dan imperatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Tema budaya yang beragam juga ditemukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian direkomendasikan untuk pertimbangan dalam menyusun silabus pengajaran Bahasa Inggris, dengan memberikan porsi yang lebih besar terhadap unsur pragmatic, dan ketrampilan berbicara, serta untuk penelitian lanjutan yang lebih mendasarkan pada latar belakang peserta tutur dan dalam wacana yang berbeda. ************************************** The language politeness is very important in communication, including in class. The aim of this research is to describe and analyze the language politeness in English class at STFI Sadra Jakarta. The problem in this research is to find out how the realization of the language politeness principle, impoliteness, the strategy of the language politeness, speech act, and cultural themes that happen in English class. This study uses a qualitative approach with the ethnographic method of communication. Data collection uses observations in class, recording conversations that occur in class, transcribe conversations; and interviews the lecturers and students. The results showed that in English class, the lecturers and students use the politeness principle, but there are also impoliteness. Positive and negatives politeness strategies are also used in English class. There are kinds of speech act with a declarative, interrogative, and imperative mode in English class. We also found the cultural themes in the conversation in English class. The results of the study are recommended for making the English teaching syllabus, by giving a greater portion of the pragmatic elements, and speaking skills, as well as for further research that is based more on the background of the speech participants and in different discourses.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Emzir, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Sakura Ridwan, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 3984 not found.
Date Deposited: 17 Aug 2020 20:37
Last Modified: 17 Aug 2020 20:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item