PROSES PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER FILM DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DIBIDANG SINEMATOGRAFI(Studi Pada Ekstrakurikuler Film di SMA Negeri 14 Kota Bekasi)

Inditrya Wisnu, . (2016) PROSES PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER FILM DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DIBIDANG SINEMATOGRAFI(Studi Pada Ekstrakurikuler Film di SMA Negeri 14 Kota Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(ABSTRAK,LPS, MOTTO,KP,DI,DT,DG,DL).pdf

Download (335kB)
[img] Text
(DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN, RIWAYAT HIDUP).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB V..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentangbagaimana pembelajaran sinematografi dalam kegiatan ekstrakurikuler film, sertabagaimana pengetahuan dan keterampilan yang terbentuk dalam proses pembelajaran sinematografi di SMANegeri 14 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiandeskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data-data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara terstruktur dan tidak strkutur. Wawancara mendalam penulis mendapat1 orang informan utama, 2orang yang merupakan informan kunci, dan 3 orang sebagai informan pendukung. Konsep yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakankonsep pedagogi Jecques Rancieredan teori belajarkonstruktivistikuntuk membantu menganalisis hasil temuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitianyang diperoleh penulis, bahwa anggota ektrakurikuler film memiliki dedikasi tinggi dalam belajar, mereka belajar secara otodidakmelalui video tutorial atau juga sharingdengan senior dan alumni.Renciere meyakini bahwa pendidikan, khususnya urusan belajar mengajar harus diawali dengan kesetaraan, bukan malah menjadikannya sebagai tujuan.Untuk itu, pembelajaran konstruktivistik di ekstrakurikuler film SMA Negeri 14 Kota Bekasi yaitu dimana proses pembelajarn diperoleh dengan mengkonstruksi berbagai pengalaman, interaksi sosial dan realitas sosial sehingga pemahaman anggota menjadi berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Aug 2020 14:48
Last Modified: 18 Aug 2020 14:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

View Item View Item