PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 12 JAKARTA TIMUR)

IRA TRI SUKMA, . (2016) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA (STUDI KASUS DI SMAN 12 JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN IRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
skripsi_revisi_230716_new[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN IRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)

Abstract

Penelitianini dilatar belakangi oleh fenomena krisis akhlak remaja saat ini yang mulai tergerus termakan oleh perkembangan zaman modern.Kurangnya peran yang diberikan guru menjadikan salah satu faktor atas menurunnya kualitas akhlak pelajar saat ini, terutama yang terjadi di kota-kota besar. SMAN 12 Jakarta Timur terletak di tengah kota jakarta timur dalam eksistensinya sekolah ini termasuk kedalam kategori memiliki siswa-siswa yang berkhlak karimah yang didasari pada pengamatan dan wawancara awal peneliti disana, yang disertai dengan adanya peran-peram guru disekolah dalam membentuk akhlask siswa tersebut, sehingga mampu mempertahankan kualitas akhlak karimah peserta didik.Tujuan dari Penelitian ini adalahuntuk mengetahui peran yang guru berikan dalam membentuk akhlak karimah siswa di SMAN 12 JakartaTimur. Adapun metode penelitianyang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam gambaran sesuai data yang diperoleh untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan akhlak siswa. Landasan teori yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini meliputi, definisi guru, karakter guru, kepribadian guru, peran guru, definisi akhlak, macam-macam akhlak, macam-macam akhlakul karimah, kriteria akhlak baik, faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak metode penanaman akhlak. Penelitian ini dilakukan kepada 10 guru dan 20 siswa kelas 11. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru SMAN 12 Jakarta Timur yang mendominasi adalah peran guru sebagai teladan. Peran sebagai teladan memegang fungsisentral dalam membentuk akhlak siswa, peran teladan yang guru berikan di sekolah ini meliputi berbagai macam aspek di sekolah, dalam kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan giat dan teratur, yang membentuk siswa SMAN 12 Jakarta Timur aktif dan giat belajar, penerapan 5S(sapa, salam, senyum, sopan dan santun) oleh guru-guru, menghasilkan siswa SMAN 12 Jakarta Timur yang ramah, sopan dan santun terhadap orang lain, sikap kedisiplinan guru dalam ketepatan waktu ke sekolah membuat siswa SMAN 12 Jakarta Timur cenderung datang dengan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Aug 2020 17:16
Last Modified: 18 Aug 2020 17:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item