Julia Ristiana, . (2016) POLA PEMBELAJARAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI, KEWARGANEGARAAN, DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISMAN 35 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (97kB) |
|
Text
2. Abstrak moto dan persembahan, kata pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text
3. bab1-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
daftar isi dan daftar pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
Abstract
TujuanPenelitianiniuntukmengetahuiPoladan Proses Pembelajarankarakter dan padamata pelajaran Sosiologi, kewarganegaraan dan Pendidikan Agama Islamdi SMA Negeri 35Jakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganmetodedeskriptif. Teknikpengumpulandata yang digunakanadalahobservasi, wawancara dan studi pustaka. Data tersebut peneliti dapatkan dari delapaninforman yangterdiri dari 3 orang guru mata pelajaran yang bersangkutan sebagai informanutamadan5 siswa sebagaiinformanpendukung.Konsep yang digunakandalampenelitianiniadalahpola pembelajaran, pendidikankarakterdankonsep Peter L. Berger tentang “Eksternalisasi, Objektivasi, danInternalisasi.”Hasil penelitian ini menunjukkan pola pembelajarankarakteryang dituangkanmelalui mata pelajaran sosiologi, kewarganegaraan dan pendidikan agama islam. Pada mata pelajaran sosiologi mengedepankannilai bersahabat/komunikatif, nilai peduli sosial, nilai disiplin dan nilai tanggung jawab. Mata pelajaran kewarganegaraan mengedepankan nilai toleransi, nilai demokratis, semangat kebangsaan dan nilai cinta tanah air. Mata pelajaran pendidikan agama islam mengedepankan nilai religius dan nilai toleransi.Sekolahmelaluibudaya sekolah juga melakukansosialisasi fisik dan sosialisasi non fisikdalam rangka pembiasaan.Temuanpenelitianmenyatakanbahwa SMA Negeri 35 Jakarta mempunyai program karaktermelaluipembelajaran di kelasdanpembiasaankaraktermelaluibudayasekolah.Sekolahbersama guru sebagaiaktordalam proses pembelajarankarakterpesertadidik. Proses pembelajarankarakterdilakukanmelaluiberbagai model pembelajaran di kelas. Polapembelajarannilaikarakter yang dilakukanoleh SMA Negeri 35 Jakarta dilakukanberdasarkan18 nilaikarakter yang dikeluarkanolehKementrianPendidikandanKebudayaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 19:02 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 19:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8417 |
Actions (login required)
View Item |