PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK (Studi Experimendi Kelas X SMAN 27 Jakarta)

Kartika Lestari, . (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PESERTA DIDIK (Studi Experimendi Kelas X SMAN 27 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GRAFIK, DAFTAR LAMPIRAN fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)

Abstract

Peneltian ini digunakan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar PPKn peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA N 27 Jakarta selama 3 bulan yaitu dari bulan februari sampai dengan bulan april pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah quasi experimentdengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil berjumlah 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 4 yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen.Untuk menguji kesahihan instrument terlebih dahulu dilakukan uji validitas. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konten dengan memvalidasi instrument kepada expert judgement(penilaian ahli).Setelah itu dilakukan persyaratan data dengan uji normalitas dengan menggunakan rumus liliefors (α = 0,05, n = 36) data pre testkelas ekperimen didapat nilai Lhitungsebesar 0,124, Ltabeluntuk n = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,144. Lhitung< Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal, data post testkelas ekperimen didapat nilai Lhitungsebesar 0,126, Ltabeluntuk n = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,144. Lhitung < Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Data pre testkelas kontrol didapat nilai Lhitungsebesar 0,112, Ltabeluntuk n = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,144. Lhitung< Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal, data post testkelas ekperimen didapat nilai Lhitungsebesar 0,101, Ltabel untuk n = 36 dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,144. Lhitung < Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Selain itu dilakukan uji homogenitas dari kedua kelas tersebut yakni Data pre test iidiperoleh Fhitung= 1,16 dan Ftabel= 1,74 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat pembilang 35 dan derajat penyebut 35, sehingga Fhitung(1,16) < Ftabel(1,74). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variansi adalah sama atau homogen. Serta Data post testdiperoleh Fhitung= 1,03 dan Ftabel= 1,74 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat pembilang 35 dan derajat penyebut 35, sehingga Fhitung(1,03) < Ftabel(1,74). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variansi adalah sama atau homogen.Selanjutnya adalah dengan melakukan pengujian hipotesis dengan berdasarkan hasil analisis yang menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung= 2,363 dan ttabel= 1,664 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan df (n-2) = 70. Dari perhitungan tersebut diperoleh harga thitung> ttabel.Kesimpulan dari penelitian ini adalah H0ditolah H1diterima, dengan demkian H0yang menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara modelpembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar PPKn peserta didik ditolah. Sedangkan H1yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar PKn peserta didik diterima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Aug 2020 12:15
Last Modified: 19 Aug 2020 12:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8439

Actions (login required)

View Item View Item