Pandangan Siswa tentang Guru Pendidikan Agama Islam Ideal (Studi di SMAN 12 Jakarta)

Lanny Riyan Sarie, . (2016) Pandangan Siswa tentang Guru Pendidikan Agama Islam Ideal (Studi di SMAN 12 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI LANNY RIYAN SARIE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu proses penelusuran untuk mengetahui pandangan siswa tentang guru Pendidikan Agama Islam Ideal, dilihat dari aspek cara mengajar, aspek kepribadian, dan aspek sosial. Dari penelusuran ini peneliti berupaya untuk menemukan pandangan siswa tentang Guru Pendidikan Agama Islam Ideal, karena guru Pendidikan Agama Islam sangatberperan untuk membentuk kepribadian siswa dengan cara mengarahkan dan menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Jakarta.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan membentukForum Group Discussion (FGD)diperolehlah data mengenai pandangan siswa tentang guru Pendidikan Agama Islam Ideal, serta wawancara dengan guru bidang studi terkait untuk dapat mengklarifikasi dan mengkonfirmasi pandangan dari siswa. Teori dalam dalam penelitian ini menggunakan dari E.Mulyana tentang Kompetensi dan mengacu terhadap Undang-undang tentang aspek yang wajib dimiliki guru.Hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskripsi hasil analisis. Dan penelitian ini memberikan gambaran tentang guru Pendidikan Agama Islam Ideal seperti apa yang dibutuhkan oleh siswa dilihat dari aspek cara mengajar, kompetensi kepribadian guru, serta kompetensi sosial guru. Diharapkan hasil penelitian ini dapat mengembangkan dan mengingkatkan kualitas guru Pendidikan AgamaIslam dalam memberika pengajaran terhadap siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:44
Last Modified: 19 Aug 2020 13:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8447

Actions (login required)

View Item View Item