HUBUNGAN PEMAHAMAN BUDAYA LOKAL DENGAN SIKAP NASIONALISME SISWA (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 281 JAKARTA)

LORITHA DINDA NOVASARI, . (2020) HUBUNGAN PEMAHAMAN BUDAYA LOKAL DENGAN SIKAP NASIONALISME SISWA (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 281 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pudarnya sikap nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya remaja usia sekolah. Salah satu cara mengantisipasi hal tersebut dengan memberikan pengetahuan tentang budaya lokal melalui pendidikan formal. Jika siswa memiliki pemahaman yang baik tentang budaya lokal, maka sikap nasionalisme yang dimiliki siswa tersebut juga baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman budaya lokal dengan sikap nasionalisme siswa kelas VII di SMP 281 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 281 Jakarta berjumlah 355 siswa dan sampelnya sebanyak 78 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan angket. Uji validitas untuk soal pilihan ganda menggunakan rumus point biserial dan untuk angketnya menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan rumus Liliefors dan uji linieritas dengan uji F berdasarkan tabel Anava. Uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier, selain itu juga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman budaya lokal dengan sikap nasionalisme siswa kelas VII SMP Negeri 281 Jakarta karena diperoleh nilai r sebesar 0,371, dimana termasuk kategori rendah sehingga sumbangan efektifnya sebesar 13,73% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. This research is motivated by the fading attitudes of nationalism in Indonesian society, especially school-age adolescents. One way to anticipate this is by providing knowledge about local culture through formal education. If students have a good understanding of local culture, then the attitude of nationalism that students have is also good. This study aims to determine the relationship of understanding local culture with the attitude of nationalism VII grade students in SMP 281 Jakarta. This research uses descriptive analysis method with quantitative research type. The population in this study were all students of class VII SMP 281 Jakarta amounted to 355 students and the sample was 78 students with a sampling technique using simple random sampling. The instrument used was a multiple choice and questionnaire. Validity test for multiple choice questions using the biserial point formula and for the questionnaireusing the product moment formula while the reliability test uses the Cronbach alpha formula. The analysis prerequisite test uses normality test with Liliefors formula and linearity test with F test based on Anava table. Hypothesis testing uses Pearson product moment correlation. The results showed that the data were normally distributed and linear, in addition there was also a positive and significant relationship between the understanding of local culture with the attitude of nationalism of VII grade students of SMP Negeri 281 Jakarta because r values of 0.371 were obtained, which included the low category so that the effective contribution was 13,73% and the rest are determined by other factors not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi, M.Si ; 2). Yuyus Kardiman, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4339 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2020 16:43
Last Modified: 26 Aug 2020 12:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item